Rabu, Juli 29

Fakultas Ilmu Keperawatan Unpad Berganti Nama Jadi Fakultas Keperawatan

Rapat Sidang Senat Unpad yang berlangsung Kamis (9/07) di Ruang Serba Guna Gedung Baru Rektorat Lantai 4, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, akhirnya menyetujui perubahan nama Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) menjadi Fakultas Keperawatan. Keputusan tersebut diambil setelah anggota senat mempertimbangkan latar belakang usulan perubahan nama yang disampaikan Dekan FIK, Hj. Helwiyah Ropi, S.Kp., MCPN.
Gedung Fakultas Keperawatan *

Gedung Fakultas Keperawatan Unpad di Jatinangor*

Dalam paparannya Helwiyah mengungkapkan bahwa keperawatan merupakan profesi, sementara pendidikan keperawatan bersifat akademik. Ia menilai bahwa penggunaan kata “ilmu” dalam Fakultas Ilmu Keperawatan akan terbatas pada program akademik semata yang meliputi program Sarjana, Magister, dan Doktor.

Namun, pada kenyataannya, selain program Sarjana dan Magister, FIK Unpad juga menyelenggarakan program Profesi yang bergelar Ners. Karena alasan itulah, FIK Unpad memutuskan mengganti nama menjadi Fakultas Keperawatan. “Perubahan nama menjadi Fakultas Keperawatan memungkinkan kami membawahi program akademik dan profesi, karena cakupannya lebih luas,” ujar Helwiyah.

Ia mencontohkan bahwa sejumlah fakultas keperawatan di Thailand, Australia, dan Amerika tidak menyertakan kata “ilmu” dan menyebutnya sebagai Faculty of Nursing atau Fakultas Keperawatan. Helwiyah menjelaskan bahwa sebenarnya wacana penggantian nama ini telah lama dibicarakan pihak fakultas, namun baru saat ini perubahan nama tersebut diusulkan dan langsung disetujui senat universitas.

“Perubahan nama ini tidak mempengaruhi proses pendidikan di fakultas kami, karena sejak lama kami telah menyelenggarakan dua jalur program, yaitu akademik dan profesi. Perubahan hanya ada pada penggantian kop surat, cap, dan urusan administrasi lainnya,” jelas Helwiyah.

Fakultas Ilmu Keperawatan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 1020/J06/Kep/2005 pada 8 Juni 2005. Fakultas ini merupakan pengembangan dari Program Studi Ilmu Keperawatan pada Fakultas Kedokteran. FIK juga telah mengantongi akreditasi B yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Departemen Pendidikan Nasional. Sampai tahun akademik 2006/2007, Fakultas Ilmu Keperawatan telah menghasilkan lulusan program sarjana sebanyak 229 orang.

Laporan oleh: Ratih Anbarini

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sebenarnya apa bedanya Fakultas Ilmu keperawatan dan Fak. Keperawatan... bukannya itu sama aja... dan ttp jadi perawatkan?

saya mau menanyakan bagaimana cara mendapatkan Beasiswa di Fakultas Ilmu keperawatan?